Monday, February 09, 2009

JOBINDO SUCKS!!! PENGALAMAN BURUK DENGAN JOBINDO



Beberapa hari yang lalu, seorang teman, via YM minta tolong kepada saya untuk memuat iklan lowongan di internet. Sebelumnya dia telah pasang iklan lowongan di koran Kompas, tapi yang melamar kurang banyak.

Saya melakukan quick survey, dan memberikan 3 alternatif kepada teman saya ini. Pilihannya adalah Jobsdb, karir.com dan jobindo.com. Harganya sekitar Rp.1 juta (jobsdb, 2 posting), Rp.700an rb (karir.com, 2 job posting), dan Rp.500.000,-/4 jobposting 60days.

Jobindo paling murah bukan? Teman saya memilih jobindo.com

Hari Minggu saya regiter ke jobindo.com untuk 2 job posting. Menggunakan alamat email saya yang asli, nomor telp saya yang asli, juga alamat postal yang bisa diverifikasi. Rencananya pada hari Senin (9 Feb 2008), saya akan minta teman saya untuk transfer pembayaran untuk invoice dari jobsindo.

Tapi Senin pagi saya cek ke jobindo.com, posting saya sudah tidak ada, bahkan account saya sudah terhapus. Saya telp ke customer servicenya. Dengan entengnya CSnya menyarankan saya untuk daftar ulang, dan menjelaskan kalau ada kemungkinan account saya sudah terhapus karena dicurigai sebagai perusahaan fiktif. Si CS menjelaskan kalau registrasi di jobsindo sangat mudah sehinggga banyak perusahaan fiktif yang mendaftar.
Saya tanyakan ke dia, bagaimana kok tidak diverifikasi ulang? padahal saya menggunakan alamat email yang asli, menggunakan no HP yang asli juga. Pada dasarnya mereka menghapus sebuah account hanya berdasarkan curiga TANPA VERIFIKASI!!!

BT, dan CSnya tidak bisa menawarkan penjelasan lebih lanjut. Selesai? Tidak. Ternyata mereka mencoba untuk "how low can you go".

Setelah menutup pembicaraan (tanpa bantingan telp, bukan karena saya orang sabar, tapi karena masih sayang pada HP), 1 jam kemudian saya mendaftar kembali. Mengisi semua data dengan IDENTITAS ASLI, dan begitu mendapatkan invoice dari mereka, saya langsung menghubungi teman saya untuk melakukan transfer.

Tapi apa yang terjadi? Petang hari ketika saya ingin mengecek ulang job posting saya, TERNYATA SUDAH DIHAPUS LAGI seperti pada pagi hari!!! Padahal mereka sudah mengirimkan invoice ke saya, dan saya sudah melakukan pembayaran!!!!

I can't wait till tomorrow to scream at them. Yes, this lousy company only open from 9-5 m-f.

The points are :
- DON'T USE JOBINDO.COM. JANGAN MENGGUNAKAN JASA JOBINDO.COM. They treat you as if you're a fraud. Mereka menganggap setiap orang yang mendaftar adalah penipu.
- VALUE FOR MONEY. Ada harga ada barang. Saya seharusnya hanya merekomendasikan jobsdb.com (dan mungkin karir.com).

UPDATE (10 FEBRUARI 2009).

Saya mengirim email ke mereka untuk menginformasikan kalau pembayaran sudah di transfer. Mereka email balik minta saya untuk fax bukti transfer (YA, MEREKA TIDAK BISA CEK SECARA ONLINE KALAU PEMBAYARAN SUDAH DILAKUKAN. SATU LAGI POINT MINUS).
Saya call teman saya untuk fax bukti pembayaran. Setelah bukti pembayaran di fax, DAN MEREKA TIDAK MENGHUBUNGI SAYA, saya email kembali mereka untuk konfirmasi kalau bukti pembayaran sudah dilakukan.

Tak lama kemudian saya mendapatkan telp dari CSnya. Menanyakan login yang saya pakai. Saya memberitahu ke CS tersebut. Kemudian si CS menanyakan PASSWORD saya. WOW! INI ADALAH SANGAT-SANGAT TIDAK SECURE DAN TIDAK DIREKOMENDASIKAN. Menanyakan PASSWORD via telp? C'mon....
Saya tembak langsung saja si CS, ada apa sih pak? kok tanya2 password segala?

Ternyata, mereka mencoba untuk meregister untuk diri saya. Yah saya bilang, saya register saja sendiri. Dan juga entry yang sudah saya masukan 2 kali sebelumnya, saya harus entry lagi. MENYEBALKAN!

Si CS minta maaf dengan mengatakan kalau system mereka bermasalah sehingga banyak account terhapus. INI BERBEDA DENGAN PENJELASAN PADA HARI SENIN, DAN UNTUK SEBUAH PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BISNIS ONLINE, TIDAK PUNYA BACK UP SYSTEM? A big joke.

Well... akhirnya sore ini saya sudah posting kembali job posting yang dibutuhkan oleh teman saya.....

Semoga permasalahan sampai pada hari ini saja.

Kapok gw.

No comments: