Saturday, July 19, 2008

Kompas.com, Lebih Lengkap, Lebih Luas, dan LEBIH BLOATED!!

Beberapa waktu yang lalu ada peluncuran kompas.com versi baru. Wah seremoninya sangat meriah. Pakai ngundang orang orang vip dan tobbt. Di koran Kompas juga diberikan data statistik yang menunjukan bahwa Kompas.com lebih banyak dikunjungi dibandingkan situs berita A dan situs berita B (saya klik situsberitaa.com dan situsberitab.com, kok engak nongol yah... :P)

Ada apa dengan Kompas.com? YANG PASTI SUPER BLOATED. Dibawah ini adalah screenshoot dari kompas.com secara keseluruhan disandingkan dengan screenshoot dari cnn.com



Tidak masalah sih kalau kompas.com mencoba lebih banyak content daripada cnn.com, TAPI KALAU MAU SAMPAI ADA 16 FLASH ELEMENT, ITU NAMANYA KETERLALUAN.

Kenapa sih para designer (dan terutama yang menamakan dirinya WEB DESIGNER) di Indonesia kebanyakan adalah FLASH FETISH? Dulu Detik.com, sekarang Kompas.com.
Salahnya dimana yah? Apakah para 'web designer'nya otodidak? atau SEKOLAHnya yang engak mutu? Kalo kwalitas web design kompas.com yang ada 16 Flash content, saya jadi ragu akan kwalitas sekolah Universitas Multimedia (yang satu grup dengan Kompas).

PENGGUNAAN FLASH/ANIMATION SECARA BERLEBIHAN (kalau 16 sih sudah OBSESIVE) MENYALAHI PAKEM WEB USABILITY. link ke artikel Jacob Nielsen

Berapa konten Flash yang dimiliki oleh CNN? kadang 1 atau 2 tergantung dari iklan yang sedang ditayangkan. (oleh server iklannya, kadang ditampilkan iklan yang .jpg atau animasi .gif). Tapi di kompas.com, terhitung 16 animasi Flash.

Selain menyalahi pakem web usability, penggunaan konten Flash akan :
1. Memakan lebih banyak bandwidth daripada gambar statis. Negara Kesatuan RI ini khan masih statusnya fakir bandwidth.
2. Memakan lebih banyak resource pada cpu pengunjung. Alias komputernya akan melambat. Kenapa saya tidak pernah mengunjungi detik.com lagi? selain karena animasi iklan2nya yang obnoxious, juga karena melambatkan komputer saya.

SO, SARAN SAYA KEPADA KOMPAS.COM : CARI WEB DESIGNER YANG BENAR2 PAHAM AKAN ARTISTIK DAN DESIGN USABILITY.

Kompas.com... memang lebih bloated.

2 comments:

yendoel said...

saya nyantai2 aja kalo baca, walau gak sering2. soalnya di sini lumayan cepatlah.
berhubung gak ngerti soal jumlah optimum flash..yang bengong2 aja sambil manggut2 bacanya, oh begitu toh.. jadi berasa bego .. hehehehe..
apa kabar bozz! (*pakai tanda seru*). dah lama gak mampir ke sini,soalnya waktu sering mampir, kok gak diupdate2 postingnya.

macnoto said...

wakakakaa demen gua istilah Flash Fetish elo bro wakakakakaa emang ga mutu! flash mania .... cosmetics over substance!