Thursday, February 12, 2009

AC Daikin sucks! Pengalaman buruk menggunakan AC Daikin.


Bulan Agustus 2007, AC di kamar ibu saya rusak. Mungkin saatnya untuk mengganti AC yagn lama. Dengan pertimbangan merek, kwalitas, dan fitur yang ditawarkan, akhirnya saya memilih AC Daikin tipe Inverter 1pk walaupun dengan harga yang cukup mahal. Waktu itu harganya adalah Rp.3.8jt, dan rata2 AC 1pk pada saat itu berkisar diantara Rp.3 s/d 3.2jt.

Ternyata harga mahal dan nama besar tidak sebanding dengan KWALITAS produknya. 3 bulan setelah pembelian, AC Daikin itu rusak. Saya call Customer Servicenya (CS) untuk claim warranty. Pengerjaan kurang lebih 3-4 hari, dan kerusakannya katanya evaporatornya bocor. Well, fine, pikir saya pada waktu itu. Namanya juga barang elektronik, lagi sial yah rusak ajah.

TAPI 1 tahun 3 bulan kemudian, akhir Desember 2008, ACnya rusak lagi. Symptomnya sama. Berhubung akhir tahun, baru pada awal tahun saya call CSnya Daikin. 1 minggu tidak ada kabar. Lalu pada tanggal 8 Januari saya call lagi, dan tanggal 10 Januari tehnisi datang. Ternyata problemnya sama, yaitu evaporator bocor, dan indoor unitnya diangkut ke workshop Daikin.
Beberapa hari kemudian, mereka menginformasikan ke Ibu saya kalau biaya spare parts adalah Rp.1.6jt. Tapi bukan itu saja, SPARE PARTSNYA HARUS INDENT SELAMA 6 BULAN. WTF!!!!!

Saya menghubungi CS dan minta konfirmasi tentang masalah ini. Kalau masalah harga masih relatif walaupun menurut pendapat saya, harganya lumayan mahal. Tapi yang tidak masuk akal adalah bahwa untuk spare part yang bersangkutan saya harus indent selama 6 bulan. Saya sempat bicara dengan Pak Bambang yang katanya menghandle masalah komplain. Beliau mengatakan akan membicarakan masalah ini dan akan followup dengan saya. Saya tunggu sampai 1 BULAN!!! Tidak ada followup.

Saya kembali menghubungi mereka pada tanggal 11 Februari 2009. Di pingpong banyak kali dan sempat diputus 1 kali, sampai akhirnya sempat bicara dengan bagian Pak Ranu dari bagian workshop. Pak Ranu berjanji akan coba untuk me-las bagian yang bocor. Saya berterima kasih untuk inisiatifnya untuk menyelesaikan masalah ini.

Pointnya : Nama besar dan harga mahal, belum tentu mendapatkan kwalitas bagus. Nama besar dan harga mahal juga tidak menjamin ketersediaan suku cadang maupun harga suku cadang yang masuk akal.

Lebih baik sewaktu membeli AC, pertimbangannya adalah
1. LAMANYA GARANSI (misalnya ada AC Toshiba yang katanya garansi 4 tahun (mungkin garansi kompressor saja).
2. MINIM FITUR (semakin minim fitur, semakin "standar" itu AC. Ujung2nya lebih mudah mengganti sparepartnya karena misalnya evaporatornya lebih standar, blowernya lebih standar....)
3. Lupakan deh AC Mahal yang menjanjikan fitur HEMAT ENERGI. (Kecuali kalau ACnya nyala 24jam sehari dengan kondisi listrik yang tidak naik turun.) AC sekarang life spannya cuman 2-3 tahun, setelah itu pasti evaporator bocor. Alih2 mau irit karena ACnya hemat energi, buntut2nya tekor karena sparepartnya mahal (dan harus indent).

****
update : Akhirnya ACnya kembali harus diservis. Nyerah deh. Sekarang semua AC di rumah ayah saya adalah Sharp. Bukan karena AC Sharp lebih bagus dari AC Daikin, tapi Customer Servicenya yang lebih responsif.

53 comments:

Anonymous said...

wahh threadnya menarik bgt nih, saya sedang mempertimbangkan untuk membeli ac daikin inverter yg 3/4pk dan hampir aja melakukan transaksi.. sepertinya harus berfikir ulang. trimakasih buanyak udh memberikan pengalaman anda ya bro.. GBU

regards,
wiwid

Anonymous said...

Namanya jg Inverter Pak, spare part nya mahal...
mending yg biasa aja

Anonymous said...

Trims buat sharing pengalamannya, lg mau nyari ac baru jg soalnya.. daikin memang sdh punya nama besar tapi gak ada gading yg gak retak, tetap harus hati2 jg..

Unknown said...

pengalaman sama, baru 4 bulan beli tgl 25 april 2014 kompresor rusak, itupun karena tukang servis langganan yg bersihin ac yg kasih tau.komplain pertama sih besokny tehnisinya langsung datang dan cuma dibikin laporan untuk difollow up, eh ampe 2 bulan kaga ada kabar berita ampe telp cs 5x dan sampai saat saya posting ini masih dibilang AKAN di follow up.beli mahal,harga diatas ac yg lain tapi tidak ada kualitas barang dan servis.
nyesel banget beli daikin dengan harga yang jauh lebih mahal dari pada ac yg lain tapi kualitas dibawah ac biasa.

Anonymous said...

pengalaman sama, baru 4 bulan beli tgl 25 april 2014 kompresor rusak, itupun karena tukang servis langganan yg bersihin ac yg kasih tau.komplain pertama sih besokny tehnisinya langsung datang dan cuma dibikin laporan untuk difollow up, eh ampe 2 bulan kaga ada kabar berita ampe telp cs 5x dan sampai saat saya posting ini masih dibilang AKAN di follow up.beli mahal,harga diatas ac yg lain tapi tidak ada kualitas barang dan servis.
nyesel banget beli daikin dengan harga yang jauh lebih mahal dari pada ac yg lain tapi kualitas dibawah ac biasa.

Anonymous said...

lagi nyari2 AC, jadi pertimbangan mo beli Daik*n dengan alasan hemat energi/listrik. tp klo urusannya mudah rusak dan after salesnya ribet jadi ogah beli juga.

Daik*n keluar dari list AC yang mo saya beli dulu deh, Panason*c atau Sh*rp masih jadi pertimbangan.

thanks Bro.

Anonymous said...

Ac daikin saya sdh 1 tahun baik baik saja tuh��

rmz77 said...

Saya pakai daikin standard 1pk thailand. Setelah 1tahun 11 bulan evaporatornya bocor. Saya beli daikin ini sebagai pengganti sebelumnya (panasonic) yg jebol kompresornya dengan harapan daikin lebih tahan lama. Ternyta saya salah,panasonic yg sebelumnya justru umurnya lebih lama

rmz77 said...

Saya pakai daikin standard 1pk thailand. Setelah 1tahun 11 bulan evaporatornya bocor. Saya beli daikin ini sebagai pengganti sebelumnya (panasonic) yg jebol kompresornya dengan harapan daikin lebih tahan lama. Ternyta saya salah,panasonic yg sebelumnya justru umurnya lebih lama

Ary said...

Sama jg nich ac daikin ku berulang kali evaporatornya bocor harga sdh mahal cepat rusak...akhirnya aku coba ac midea yg low watt... Hasil lumayan dingin dan secara tampilan lbh menarik drpd ac daikin...

Ary said...

Sama jg nich ac daikin ku berulang kali evaporatornya bocor harga sdh mahal cepat rusak...akhirnya aku coba ac midea yg low watt... Hasil lumayan dingin dan secara tampilan lbh menarik drpd ac daikin...

Unknown said...

Saya pakai ac daikin belum setahun sdh bocor, pusing bilang kuat tapi....

Unknown said...

Saya pakai ac daikin belum setahun sdh bocor, pusing bilang kuat tapi....

Unknown said...

Wah sama mas saya juga baru pakai 1 bulan tiba2 evaporator indoor dan kompresor luar sudah jebol... Kampreett gak tuh... Saya tetep ngotot untuk ganti unit BARU.

Siregar said...

Ketika kita ingin membeli barang elektronik seperti mesin pendingin sebaiknya kita harus berhati-hati dan kalau bisa kita cek terlebih dahulu, apakah barang masih original atau sudah second.

Johanes Mailangkay said...

Mkasi semuanya atas msukanya, sy batu mau beli daikin 3/4 inverter stelah baca komntar kalina. Sy batal beli daikin. Kmbali ke pilihan awal klu gak Sharp , panasonic

Herry said...

sama.. ac daikin saya juga begitu. 1 inverter dan 1 yg biasa. yg inverter blm 1 tahun udh beberapa kali rusak gak dingin. terakhir dilas juga krn evapnya bocor. yang biasa udh diatas 1 tahun mulai bertingkah dan udh 2 kali las evapnya. AC skrg emang usia pakai 2-3 tahun abis itu udh sering bermasalah.

Chika said...

sama.. ac daikin saya juga begitu. 1 inverter dan 1 yg biasa. yg inverter blm 1 tahun udh beberapa kali rusak gak dingin. terakhir dilas juga krn evapnya bocor. yang biasa udh diatas 1 tahun mulai bertingkah dan udh 2 kali las evapnya. AC skrg emang usia pakai 2-3 tahun abis itu udh sering bermasalah.

Chika said...

sama.. ac daikin fthv15HV1 0.5pk saya juga begitu. 1 inverter dan 1 yg biasa. yg inverter blm 1 tahun udh beberapa kali rusak gak dingin. terakhir dilas juga krn evapnya bocor. yang biasa udh diatas 1 tahun mulai bertingkah dan udh 2 kali las evapnya. AC skrg emang usia pakai 2-3 tahun abis itu udh sering bermasalah.

Sujono said...

Saya pakai daikin standard 0.5pk. Setelah 1tahun 11 bulan evaporatornya bocor. Saya beli daikin ini sebagai pengganti sebelumnya (panasonic) yg jebol kompresornya dengan harapan daikin lebih tahan lama. Ternyta saya salah,panasonic yg sebelumnya justru umurnya lebih lama

ac daikin said...

harga ac daikin emang cukup mahal.. sebaiknya ac daikin dipasang oleh yang ahli, jangan asal pilih orang untuk installasinya.. biar terjaga juga kualitasnya..

Galih P.X said...

Heemmm, saya baru tau gan kalau ac daikin inverter itu cepet rusak, sedangkan saya pribadi sudah menggunakan ac daikin inverter sudah jalan 2 tahun, tetapi tidak pernah ada masalah, apa mungkin saya sering merawatnya kali yah, untuk sampai saat ini alhamdulillah sparepart ac saya pun masih menggunakan yang originalnya.

Hendri said...

Punya saya cuma rusak pipa korosi, disuruh tes ini itu trus tambah 600rb. Gila nih Daikin, gaya rampok ini ac

sofyan said...

Setelah saya membeli mesin es krim, Saya ingin memasang AC gan, kira kira AC apa yah yang paling cocok, dan tidak cepet rusak ?

yudi said...

Pengalaman yang sama.. beli 1 pk r32 malaysia. Ruangan 3x5 temp saya set 25 komp tidak mau mati.. suhu ruang hanya tercapai 26 pada malam hari..
Sudah 3 kali teknisi datang coba perbaiki.. tetap blum bisa atau mungkin tdk bisa.. mungkin spek yang tertulis tidak sesuai deangan kenyatan..

jemong said...

byk bgt yg komplenan daikin yah, ane baru beli daikin yg inverter, biasa pake panasonic digeber pakenya, jd mesti gak boleh kasar nih, semoga gak ngadat nih daikin

Hermes said...

AC daikin saya 2 unit buatan malaysia, pakai hampir 2 tahun sekarang juga sudah bolak balik rusak-- evap,,, teknisi daikin nya tidak ada yg berani datang perbaiki-- karena mungkin banyak yg cacat produksi---

Kukuh Anggoro W. said...

suck daikin, can not agree more.
belum ada 8 bulan sudah telp call center 2x. terakhir evap indoor bocor dan harus indent.
baru baca threat ini sekarang, nyesel banget beli daikin.

Unknown said...

Eh...kirain punya saya aja yang lifetime nya paling cepet rusak... Soalnya baru 3th 7bln udah bocor dibandingkan dengan punya tetangga... Ternyata ada yang jauh lebih cepet. Dulu sama saya pikir Daikin punya material yang paling bagus diantara AC yang lain... ternyata jauh lebih parah dibanding merk lain. Huff...nyesel juga bro...

Unknown said...

Wah baiknya jangan..pengalaman saya sangat buruk dengan merek tsb

Unknown said...

saya beli daikin r32 malaysia 3bulan pertama sdh masalah,6 bulan masalah lg sensor pcb error dll..skrg udh 1thn 2 bulan indoor nya netes air..udh dibenerin sm teknisi daikin ehh malah selang 1 minggu angin yg keluar panas bukan dingin..sedih dan kesel si kalo ac udh ngadat..

Unknown said...

Dalam 4 bulan ac da*k*n saya sudah rusak 2x . Yang pertama untung masih ada garansi lalu 2 tahun kemudian rusak yg sama dan alatnya indemt 1 minggu dan hargaya 2,5 jt. Itu sih sama aja beli ac baru 1 unit

Unknown said...

Saya Selalu ditipu oleh daikin katanya thailand barangnya bagus tapi 1 bulan sudah rusak dasar tidak berkwalitas customer service juga buruk pembohong

Anonymous said...

wah kirain bagus, Daikin ada tiga dari Thailand, Malaysia, China, yg paling bagus katanya dr Thailand, tapi kalo liat review2 disini, jadi khawatir juga. Saya punya LG Hercules 1/2 pk low watt, udah sekitar 10thn, masih ok, kompresor masih ok, evaporator msh ok, kerusakan wajar fisik, ga sampe juta2an. Sekarang kipas indoor nya udah bunyi, normal, udah tua. Puas make nya.

Diah nur afni said...

AC Daikin saya cuma bertahan 1 tahun. Skrg dah mulai mbrebes air...Kata yg bersihin AC..Daikin made in malaysia memang sering bermasalah dibandiing yang Thailand.

Unknown said...

Sama saya jg baru beli ac Daikin baru sekitar 8 bulan dah bocor kualitas dan harga sangat tidak sesuai saya sangat kecewa..

Unknown said...

Saya beli ac daikin yg madein Thailand baru sekitar 8 bulan dan sudah bocor...

Unknown said...

Kecewa dengan AC merk Daikin ples kapok

Puji Sora Official said...

Wah' beruntung banget bagi yang baru mau beli, Saya katakan lebih baik jangan pake merek ini. Tar nyesel, tar rugi, tar susah, tar pushing, tar BOCOR. Baru 18bulan evaporator bocor, bocor, bocor dan bocor.. "NG" Gak sesuai harga, jual brand doank. Prett, prett, prett, preeeetttt kesel dah gua. Ekspetasi yang begitu burruuukk!!

Puji Sora Official said...

Sekali lagi Preeeeeeeetttt...

Unknown said...

Kyknya coment terbaru nih,,
3 tahun Sy pake Daikin.
Skrg rusak PCB Outdor nya. Harga sparepart nya 2,4 Jt, pemasangan 300 rb. Dikit lagi setara harga baru.

Baru cek aja kena charge 88k.

Teknisinya songong, 3 orang mondar mandir keluar masuk rumah.

Hasilnya gitu aja. Udah gitu teknisinya sengaja atau tidak, dia bilang klo freonnya minus.

Pdahal baru kemarin nya Sy panggil teknisi AC langganan. Krn memang utk Memastikan saja, Sy hubungi Daikin.

Adinugraha said...

Sekarang kejadian sama sayaaa,beli ac inverter daikin blm 3thn udh 4 kali komplenan ganti sparepart yg katanya garansi ternyata bayar pasangnya mahal,dan ternyata daikin gak punya teknisi sendiri,pantas aja teknisinya gak punya standar repair,tiap ganti teknisi beda pula alsan dan pendapatnya.nyesel beli ac daikin saya

Unknown said...

Iya sih ... Tapi yg saya alami, harga gak mahal cuma kelewatan. Belum lagi, dijelasin "masih diproses".

Unknown said...

Saya lebih suka sharing pengalaman dengan jelas. B'mana kalo menunjukkan tokonya, service centernya, termasuk person yg dihubungi dan yg melayani. Saya kira ini lebih bermanfaat utk perbaikan nantinya. Terima kasih

Unknown said...

Gila juga, ya ... B'mana kalo jelasinnya lengkap ? Misalnya, belinya di mana, service centernya, termasuk perilaku personnya. Intinya, tunjuk hidung saja. Jadi kita jelas, di mana yg gak beres dan harus diwaspadai. Buat penyedia juga jelas, mana yg harus dibenahi. Terima kasih.

Anonymous said...

Benar....AC daikin adalah yg paling buruk dr sekian banyak AC yg saya pakai.. di kantor..paling sering bermasalah....dibanding AC merek lain bahkan AC merek dr China lebuh handal

Anonymous said...

betul itu, sy beli ac daiin 2. nah 1 inventer dan 1 lg yg standar. lewat 1 tahun 1 bulan,langsung rusak. itupun berbarengan rusaknya. sy dulu pas beli berpikir gpp mahal tp awet gitu. Gak tauya jauh dari yg sy pikir. intinya kapok dah produk daikin.

Burhan said...

Mau beli Daikin ga jadi deh, thanks infonya

Anonymous said...

Menurut saya, after sales nya Daikin kurang memuaskan. Klo udah d service bakalan rusak lagi. Ntah tukang service nya kurang profesional ato memang barangnya yg kurang bagus ato yg lain

Anonymous said...

Saya mau share juga pengalaman, tahun 2018 beli yang 1/2 PK inverter, memang dari sisi konsumsi listrik sangat hemat karena dengan 3 ac yang nyala saat malam bayar listri hanya 250k perbulan, tapi baru 7 bulan 1 unit udah mulai bermasalah ( Evapurator bocor untung masih garansi ) tapi biaya check dan pasangnya hampir 1jt setelah nego, awalnya 1,3 jt. Dua tahun kemudian bermasalah lagi dengan sensor power yg harus ganti, bersamaan dengan itu unit ke 2 mulai tidak dingin, teknisi bilang pipa instalasi bocor lalu di ganti, seminggu di ganti tidak dingin kali ini teknisi bilang neple krannya yang harus ganti ( Total biaya 1,7 baru dingin lagi ) dengan tambahan pengalaman tidak menyenangkan teknisinya ceroboh bawa air segayung tumpah di spring bed padahal jaraknya hampir 2 mtr dari unit dan saat di tanya tidak ngaku bilangnya air hujan padahal plafon tidak bocor. Tahun ke 4 Unit pertama bermasalah lagi tidak bisa nyala, sensor powernya harus ganti menurut teknisi, udah ganti tetap tidak nyala, tapi dari kode alarm remote menunjukkan masalah pcb outdoor, saya udah terlanjur tidak percaya, akhirnya saya minta teknisi Daikin lansung karena sebelumnya dari teknisi subcont, hasil pemeriksannya benar, PCB outdoornya bermasalah, informasi dari cs nya kalau baru 2,4 jt seharga AC 1 unit baru menurut saya. Akhirnya saya cancel perbaikan dan cari pcb second 800k udah pasang tanpa garansi pcb yg rusak di bawa dan akhirnya bisa dingin lagi. Bulan Juli tahun 2023 unit tsb mulai rewel lagi tidak dingin.....sekarang lagi mikir mau ganti unit baru atau service lagi.......namun demikian ada tanda tanya dalam hati kenapa unit ke 3 tidak pernah ada masalah sama sekali selama 5 tahun, hanya cuci rutin saja sama seperti unit 1 dan 2. Apakah ada pengaruh dari perbedaan luas kamar?? unit 1 = 12 m2, unit 2 = 11 m2 unit 3 = 10 m2, ini share pengalaman mohon maaf saya awam dan bukan orang teknnis dan untuk masalah penghematan kalau saya hitung impas dengan biaya perbaikan dan perawatan

Anonymous said...

Beli AC Daikin 2,5PK Thailand di Sankxx hampir 3 thn lalu. Belum 1 tahun evaporator bermasalah diganti krn garansi, masuk tahun kedua kapasitor kompresor lemah lalu diganti merk MC, masuk tahun ketiga Thermis rusak dan akhirnya kena kompresor harus diganti. Menyesal beli Daikin. Banyak habis waktu & biaya kerusakan

Anonymous said...

Benar, saya baru beli AC Daikin Thailand bulan april 2023 seharga 4.6 juta, dan tiba2 tidak dingin dan sempat bolak balik teknisinya ada sampai 2 minggu tek tokkan, karena katanya arus listrik tidak stabil dan perlu stabilizer. Ternyata setelah dipasang stabilizer, tetap tidak dingin, kompresor diganti.
Jujur saya tidak nyaman pakai ac yang diconnect dengan stabilizer (Dan ini baru pertama x) kamar lainnya tidak pakai stabilizer.
Ternyata setelah diganti kompresornya karena masih garansi hanya bertahan 1.5 minggu, sekarang AC mati total. Setelah baca2 review dan lelah manggil tukang servicenya, saya memutuskan mengganti dengan merek lain.

Anonymous said...

Pengalaman buruk pakai AC Daikin
Saya beli Daikin inverter type FTKC25NVM4 pada tahun 2016. Tidak ada masalah selama 2 tahun pertama, paling cuma kotor dan harus dicuci.
Masuk tahun ke 3, mulai timbul masalah. AC tiba2 tidak dingin meskipun sudah dicuci. Ada kode error di remote. Saya telepon CS dan dikirimlah teknisi untuk cek unit.

Disinilah drama panjang dimulai
Setelah cek unit oleh teknisi, divonis modul indoor yang bermasalah dan katanya harus nunggu sekitar seminggu. oke, toh masih masa garansi dan saya tunggu seminggu.

Seminggu kemudian teknisi datang untuk mengganti modul indoor, kebetulan saya pas tidak di rumah, hanya ada anak istri.Setelah selesai ganti modul dia langsung pulang. Setelah saya nyalakan semalaman, AC masih tidak dingin, dan remote masih mengeluarkan kode error yang sama. Saya hubungi teknisi lagi, dan dia datang untuk mengecek, kali ini dia memvonis modul outdoor yang rusak dan harus diganti.

Setelah ganti modul outdoor, masalah tetap ada. Teknisinya bilang mungkin modul outdoornya cacat, jadi harus nunggu modul yang baru dikirim dr jakarta. Itu saya harus nunggu beberapa bulan.

Setelah modul yang baru datang dan dipasang, masalah masih tetap ada, akhirnya teknisi mengatakan bahwa kompresornya yang bermasalah. Dan lagi-lagi saya harus nunggu selama beberapa bulan sampai kompresor barunya datang.

Setelah diganti kompresor, barulah masalah beres dan AC bisa dingin kembali.

Masalah selesai? belum saudara....

6 bulan kemudian AC tidak dingin lagi dan remote mengeluarkan kode error yang lain. Saya panggil lagi teknisi, kali ini orangnya beda dari yang biasa datang. KEbetulan dia datang pas hari kerja jadi saya tidak tahu bagaimana hasil pengecekannya pada hari itu.

Keesokan harinya baru saya ditelepon oleh CS Daikin, mereka bilang bahwa modul outdoor-nya bermasalah karena pemasangannya tidak benar, mereka bertanya apakah saya pernah bongkar unit outdoor? Saya bilang tidak pernah, orang terakhir yang bongkar pasang modul kan teknisi mereka sendri. Karena sudah diluar masa garansi 3 tahun saya harus membayar sekitar 1.5juta untuk mengganti modul outdoor. Saya menolak karena 1. kesalahan pemasangan dilakukan oleh teknisi daikin sendiri. 2. berkaca pada pengalaman sebelumnya, tidak ada jaminan AC akan beres setelah ganti modul outdoor, apalagi sekarang saya harus bayar. Setelah tarik ulur beberapa saat, akhirnya Daikin setuju untuk mengganti outdoor free of charge, saya hanya dikenakan biaya pemasangan saja. OK, solusi saya terima.

Setelah modul outdoor diganti, AC masih tidak dingin, saya telepon teknisi dan dia malah menyarankan saya untuk cuci overhaul.

Nah disini saya udah merasa capeeek banget karena masalah yang terus muter-muter. Dari awal timbul masalah sampai dengan saat ini ada mungkin memakan waktu 1.5 tahunan.

Teknisi Daikin juga sepertinya tidak punya SOP yang jelas dalam melakukan RCCA, mereka hanya mencoba-coba plug and play ganti komponen yang "dicurigai" rusak dengan komponen baru, dari mulai yang paling murah sampai ke yang paling mahal.

Daripada nantinya habis uang untuk ganti ini itu karena sudah diluar garansi, akhirnya saya memutuskan untuk ganti AC pakai merk lain saja. AC lama saya kasih gratis ke tukang rongsok.

Sekarang saya sudah kapok pakai Daikin. Bahkan ketika kantor kami membuat sayap ruangan baru untuk warehouse, saya menyarankan agar AC-nya tidak pakai Daikin