Monday, June 05, 2006

Pedoman untuk menjadi seorang manusia

Ketemu satu blog dengan 'pedoman' yang cukup mengelitik di http://jimjimblund-snicksnack.blogspot.com/.

Terjemahannya kira2 adalah sbb :

1. Anda akan menerima sebuah tubuh. Suka tidak suka, itu akan menjadi milik Anda untuk waktu saat ini.

2. Anda akan belajar. Anda akan masuk ke sekolah informal yang dinamakan kehidupan. Setiap hari di sekolah ini, Anda akan mempunyai kesempatan untuk belajar pelajaran. Anda mungkin akan menyukai pelajarannya, atau berpikir bahwa mereka adalah hal2 yang tidak berguna.

3. Tidak ada yang namanya kesalahan, yang ada hanya pelajaran. Bertumbuh adalah sebuah proses mencoba dan salah, experiment. Experimen yang 'gagal' adalah bagian dari proses, sama halnya dengan experimen yang 'berhasil'.

4. Sebuah pelajaran akan diulangi sampai dimengerti. Sebuah pelajaran akan disuguhkan kepada Anda dalam berbagai macam bentuk sampai Anda mengerti. Sewaktu Anda mengerti, Anda akan mendapatkan pelajaran lain.

5. Proses belajar tidak akan berakhir. Tidak ada bagian dari kehidupan yang tidak mengandung pelajaran. Jika Anda hidup, maka ada pelajaran-pelajaran untuk dipelajari.

6. "Di sana" tidak lebih baik dari "di sini". Ketika Anda "di sana", akan menjadi "di sini", dan Anda akan menemukan "di sana" lain yang akan kelihatannya lebih baik dari "di sini".

7. Orang lain hanyalah cerminan dari diri Anda. Anda tidak dapat mencintai atau membenci sesuatu tentang orang lain, kecuali jika sesuatu itu merefleksikan apa yang anda cintai atau yang anda benci tentang diri Anda sendiri.

8. Apa yang Anda akan perbuat dengan hidup Anda adalah terserah Anda. Anda memiliki semua alat dan perlengkapan yang cukup. Apa yang Anda akan perbuat dengannya adalah terserah Anda. Anda bebas memilih.

9. Jawaban-jawaban Anda ada di dalam diri Anda sendiri. Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan sekitar kehidupan ada di dalam diri Anda sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah membuka mata anda, membuka telinga Anda, dan sebuah kepercayaan.

10. Anda akan melupakan semua hal di atas.

No comments: